Cara Mengekstrak Saved Password Dari Browser

Pasti banyak dari anda yang sering menggunakan browser komputer anda sebagai penyimpan username dan password login anda dari beberapa situs seperti facebook, twitter, blogspot, wordpress dan banyak lagi.
Tapi apakah ada tau kalo menyimpan username dan password di browser beresiko dicuri oleh para hacker ? akan lebih baik jika password anda kuat bahkan sulit untuk ditebak.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa anda pertimbangkan :
  1. Jika anda memiliki password yang sulit ditebak orang lain bahkan hacker sekalipun, tapi apakah anda akan mengingatnya terus ?
  2. Dan bagaimana jika password yang anda miliki disimpan dibrowser anda dan suatu hari browser anda rusak atau mungkin komputer anda rusak yang menuntut anda untuk menginstal ulang OS anda (pengalaman saya) ?
Jika anda merasa password yang anda kuat, anda bisa mencoba mengeceknya di http://www.howsecureismypassword.net/ atau di http://www.passwordmeter.com/.
Awalnya saya bingung bagaimana caranya untuk mengekstrak semua username saya itu, kalo gak salah ada sekitar 30 lebih password yang yang saya simpan dalam browser tersebut (ada 3 browser yang saya pakai saat ini yaitu IE9, Chrome, dan Firefox).
Disini saya ingin memberikan beberapa Aplikasi kecil untuk mengekstak password dari browser :
1. Google Chrome
Chromepass adalah sebuah tool recovery password yang berfungsi untuk melihat password yang ada di browser Google Chrome. Informasi yang bisa ditampilkan seperti : Origin URL, Action URL, User Name Field, Password Field, User Name, Password, and Created Time
2. Firefox
Penjelasannya hampir sama dengan Chrome Pass tapi bedanya informasi yang didapat seperti : Record Index, Web Site, User Name, Password, User Name Field, Password Field, and the Signons filename.
3. Opera
OperaPassView adalah small password recovery tool decrypts konten dari Opera Web browser password file (wand.dat) tapi tidak bisa melihat password yang menggunakan master password.
4. Internet Explorer
Penjelasan hampir sama dengan diatas tapi sayangnya hanya berfungsi untuk Internet Explorer v4.0 v6.0, 7.0, Beta version 8.0 saja.
Aplikasi ini bisa bermanfaat jika digunakan dengan positif, tapi ada sisi negatifnya karena bisa juga
melihat/mencuri
password yang disimpan di komputer lain ini karena bersifat portable.



NB : Jadi saran saya, gunakan aplikasi ini sesuai kebutuhan saja jangan untuk yang macam-macam ya ! hehehe…

Source by : sainspedia

1 Coment :

  1. nice tutor gan ., keep posting ., n jgn lupa share''ilmunya :D

    BalasHapus