Tanggal Terakhir "Kalender Kiamat" Ditemukan, namun?


Bagian terakhir artifak Maya kuno (foto: Live Science)
Tanggal Terakhir "Kalender Kiamat" Ditemukan - Berita ramalan dari sukumaya tentang Hari kiamat sangat menghebohkan di seluruh dunia. Setelah beberapa lama tidak ada kabarnya, akhirnya di temukan tanggal akhir yang di bilang itu Kalender Kiamat. Namun hasilnya, ternyata malah membicarakan sejarah politik kuno. Hal ini justru semakin memperjelas kalendertersebut ternyata tidak meramalkan kiamat.

"Dalam teks yang di teliti adalah berbica mengenai politik kuno, melainkan bukan ramalan", ujar Director of Tulane University MiddleAmerica Research Institute, Marcello Canuto.

"Bukti terbaru ini menunjukkan bahwa tanggal 13 bak'tun adalah kalender penanda peristiwa penting yang dirayakan suku Maya kuno. Walau bagaimanapun, mereka tidak membuat sebuah ramalan kiamat dalam tanggal tersebut," tambahnya.

di informasikan dai Live Science, sabtu (30/6/2012), kalender suku Maya tersebut dibagi ke dalam bak'tun atau siklus selama 144 ribu hari yang dimulai sejak tanggal penciptaan sukuMaya. 21 Desember 2012 merupakan hari terakhir bak'un ke-13 dan menandai sesuatu yang mereka sebut siklus penciptaan.

Memang dengan informasi tentang 21 Desmber 2012 adalah hari kiamat menjadi ramalan ini di perbincangankan di berbagai negara, Memang ramalan ini membuat heboh maka dari itu Meksiko mencoba mencari pendapatan dari info hangat ini, cek di sini informasinya.

Penelitih masih, menjelajah reruntuhan Maya La Corona di Guatemala. Mereka menemukan sebuah monumen yang menjadi referensi kedua mengenai 21 Desember 2012. Pada tangga batu yang berisi pahatan hieroglyphs, mereka menemukan memoar kunjungan pemimpin terkuat Maya, Yuknnoom Yich'aak K'ahk dari Calakmul.

Sebagai bagian dari kunjungannya, raja menyebut dirinya sebagai "tuan 13 k'atun." K'atuns adalah unit hitungan lain dalam kalender Maya yang berisi sekira 7.200 hari atau hampir 20 tahun. Jaguar Paw telah memimpin suku Maya sampai berakhirnya 13 k'atuns ini di 692 Masehi.

Dari sini dimulailah akhir kalender 2012. Raja menghubungkan pemerintahannya dengan siklus ke-13 atau 13 bak'tun sebagai upaya mengikat dirinya dan pemerintahannya ke masa depan.
Sumber Artikel

0 Coment "Tanggal Terakhir "Kalender Kiamat" Ditemukan, namun?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar