Kenapa Harus Ada Alexa??


Alexa Internet didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada tahun 1996. Nama dari perusahaan tersebut di ambil dari sebuah perpustakaan yang bernama Alexandria, yang menggambarkan sebuah parallel antara respositori pengetahuan terbesar pada zaman kuno menuju potensial internet.
Perusahaan Alexa menawarkan sebuah toolbar yang memberikan pengguna internet saran kemana harus melakukan browsing selanjutnya berdasarkan pola traffic dari komunitas pengguna itu sendiri. Alexa juga menawarkan context untuk setiap situs atau blog yang sudah di kunjungi : untuk siapa situs tersebut terdaftar, berapa banyak halaman yang dimiliki, berapa banyak situs yang mengarah ke situs tersebut dan seberapa sering situs tersebut melakukan update.
Salah satu kegiatan dari Alexa adalah melakukan pengarsipan halaman situs atau blog dengan melakukan crawl. Database ini disedikan sebagai basis untuk membuat arsip internet yang dapat di akses oleh Wayback Machine. pada tahun 1998 perusahaan tersebut mendonasikan sebuah copy dari arsip dengan ukuran 2 terabytes kepada perpustakaan Congress. Alexa secara terus menerus menyuplai arsip internet dengan cara melalukan Crawls terhadap situs atau blog.
Pada tahun 1999, Alexa diakusisi oleh Amazon dengan harga sekitar US$250 million pada Saham Amazon sebagai perusahaan yang terus maju dari visi aslinya yaitu menyediakan sebuah mesin pencari yang cerdas. Alexa menjadi partner Google pada awal tahun 2002 dan pada tahun 2003, Alexa menjadi partner Open Directory Project. Pada bulan Mei tahun 2006, Amazon mengganti Google dengan Live Search sebagai penyedia Search Result atau hasil pencarian. Pada bulan September 2006, Amazon mulai menggunakan Search Result sendiri. Pada bulan Desember tahun 2006, Amazon merilis Alexa Image Search. Alexa Image Search adalah aplikasi besar pertama yang dibangun pada Platform Web mereka.
Pada bulan Desember tahun 2005, Alexa membuka index pencarian extensif dan fasilitas Web-crawling kepada Program pihak ketiga melalui seperangkat layanan Web dan API. index pencarian extensif dan fasilitas Web-crawling dapat digunakan secara instant untuk membangun Vertical Search Engine (Mesin Pencari Vertikal) yang bisa bekerja pada Server Alexa sendiri atau pada tempat lain. Pada bulan Mei 2007, Alexa mengganti API-nya untuk menyediakn perbandingan terbatas pada tiga situs, mereduksi ukuran grafik yang menempel yang ditunjukkan mengunakan Flash dan BritePic ads.
Pada bulan April 2007, gugatan Alexa v. Hornbaker diajukan untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh layanan Statsaholic. Dalam Gugatan tersebut, Alexa menduga bahwa Hornbaker telah mencuri Grafik lalu lintas untuk memperoleh keuntungan. Tujuan utama situs tersebut adalah untuk menampilkan Grafik yang dihasilkan oleh Server Alexa. Walaupun seperti itu, Alexa dengan tegas memberikan izin untuk merujuk data dalam kerja subjek pihak ketiga sesuai kredit.
Pada tanggal 27 November 2008, Amazon mengumumkan bahwa Alexa Web Search tidak lagi menerima pelanggan baru, dan layanan akan dihentikan untuk pelanggan yang sudah ada pada tanggal 26 Januari 2009

3Coment :

  1. eemm baru tau ane sob.. tentang alexa ini...

    BalasHapus
  2. @Beni : Mungkin saja sob !

    @Ehwansah Jailani : Sip

    BalasHapus