Google Tidak Mendapatkan Keuntungan





Google menawarkan layanan online yang sangat banyak. Ada banyak ‘produk’ andalan Google, antara lain mesin pencari Google Search, Gmail, Google Drive, Google Maps, Google Earth, Google News, Google Talk, Google Docs dan Google Calendar – semua itu baru permukaannya saja. Menggali lebih dalam, kamu bisa menemukan berbagai website yang dimiliki oleh Google seperti YouTube, Picasa dan Blogger. Kesemua layanan ini diberikan secara gratis.
Jadi dengan memandang semua layanan yang diberikan gratis tersebut, sering orang awam bingung tentang bagaimana Google mendapatkan uang. Semurah hati itukah Google? Ini mitos yang benar-benar menyesatkan.
Pada tahun 2008, Google mendapatkan keuntungan hampir 22 milyar dollar. Sembilan puluh tujuh persen keuntungan perusahaan datang dari periklanan. Google telah mengumpulkan dua model periklanan yang menguntungkan, yaitu Google AdWords dan Google AdSense.


AdWords adalah iklan yang muncul dalam pencarian Google dan berada disamping pencarian utama. Hasil pencarian ini diberi label sebagai “Sponsored Links.” Pengiklan menggunakan AdWords untuk menulis iklan teks pendek dan melakukan tag dengan kata kunci. Google kemudian menggunakan algoritma yang rumit untuk menemukan iklan yang paling relevan untuk pencarian Google tertentu.
Pengiklan tidak membayar Google tiap kali iklannya ditampilkan. Dia hanya membayar ketika seseorang mengklik iklannya. Biaya klik bervariasi, rata-rata dimulai dari 10 sen per klik, jadi ini bukan investasi yang mahal untuk seorang pengiklan. Tapi bagi Google, semua jumlah uang ini bertambah dengan sangat cepat.
AdSense bekerja dengan cara yang sama, akan tetapi teks iklan tersebut berada di permukaan website yang bukan milik Google. Jika kamu memiliki sebuah website dan ingin mendapatkan perolehan iklan, maka kamu bisa mendaftarkan website kamu untuk AdSense. Google akan menggunakan algoritma-nya untuk menampilkan iklan yang cocok. Tiap kali pengunjung mengkliknya, maka pemasang iklan akan membayar Google sebesar harga iklan setiap kliknya, tergantung pada popularitas kata kunci tertentu, maka Google akan berbagi keuntungan dari biaya tersebut.

Sumber :  GoogleNews

0 Coment "Google Tidak Mendapatkan Keuntungan", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar